Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh

ndelet.com - Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel blog, Artikel hardware, Artikel lain-lain, Artikel Perbaikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


GAWARIBLOG-Hard Disk adalah ruang penyimpanan data berupa komponen yang terdapat pada komputer yang dapat diolah oleh tangan manusia. Hard disk masuk dalam kategori perangkat keras atau umumnya disebut Hardware.

Minimnya kapasitas Hard Disk yang digunakan suatu komputer dengan olah data windows akan mengurangi kinerja penggunaan pada suatu komputer dalam melakukan penyimpanan data atau file.

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


Dalam 1 (satu) Hard Disk kita dapat mengolah menjadi beberapa bagian komponen yang setiap file komponen tersebut dapat dibagi lagi menurut kapasitas yang kita inginkan (partisi). Contohnya pada gambar diatas dimana setiap drive atau local disk system memilki kapasitas yang berbeda-beda.

Pembagian yang tidak kondisional pada suatu Hard Disk komputer akan menyebabkan cepatnya penuh atau terjadi merah pada drive atau local disk. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya dan tingginya kapasitas data yang anda simpan.

Namun selain itu local pada Hard Disk juga sering mengalami penumpukan data secara otomatis yang menyebabkan penuhnya data penyimpanan. Hal ini biasanya menyerang pengguna komputer yang aktif baik itu online ataupun offline.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah pada komputer penyimpanan Disk penuh dapat mengikuti Trik dibawah ini yang pastinya aman untuk komputer anda.

Mengatasi Hard Disk Drives C Merah atau Penyimpanan Penuh Pada Komputer


Selain dapat meningkatkan kinerja komputer, mengatasi hard disk drive atau local system yang merah atau penuh juga membuat pandangan mata saat menggunakan komputer menjadi lebih leluasa.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa cara dalam mengatasi local disk atau drive C:/ penuh pada komputer atau laptop yang dapat anda aplikasikan satu-satu, diantaranya :


  • Menghapus dan Membersihkan Penumpukan sampah pada drive disk komputer
  • Menghapus atau Deleted File pada Hard Disk Local atau drive C:/
  • Menggunakan Software atau Aplikasi Pihak ketiga Untuk membersihkan dan menghapus file serta sampah pada hard drive C:/ di Komputer


Ketiga cara tersebut dapat anda gunakan dalam mengatasi hardisk drives C penuh pada komputer anda. Berikut penjelasan caranya:

Menghapus dan Membersihkan Penumpukan sampah pada drive disk komputer


1. Pilih Drives C dan klik kanan --> Properties --> Menu General dan klik Disk Cleanup --> OK

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


2. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


3. Jika prose scanning sudah selesai maka akan muncul laman baru. Selanjutnya di pilihan file to delete anda ceklis semuanya lalu tekan OK terus Delete File

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


Sekarang lihat hard Disk Drive C:/ pada komputer anda pasti sudah berkurang dan tidak merah lagi. Namun jika cara diatas masih belum menyelesaikan masalah silahkan ikuti cara kedua dibawah ini:


Menghapus atau Deleted File pada Hard Disk Local atau drive C:/

1. Klik kanan pada komputer dan pilih properties maka anda akan diarahkan ke Control Panel
2. Pada deretan menu yang ada dikiri atas pilih System Protection
3. Dihalaman pengaturan Protection, klik Local Disk atau Drive C lalu Configure

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


4. Setelah langkah 3 selesai maka akan muncul laman baru selanjutnya klik delete.

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


5. Biasanya akan muncul tanda peringatan backup pilih saja Continue

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh


Sampai disini cara kedua mengatasi Hard Disk Drives C penuh sudah selesai. Tapi jika cara kedua ini masih tidak work silahkan melanjutkan cara ketiga dibawah ini:

Menggunakan Software atau Aplikasi Pihak ketiga Untuk membersihkan dan menghapus file serta sampah pada hard drive C:/ di Komputer

Cara mengatasi Hard Disk penuh terkahir ini kita diharuskan mendownload aplikasi layaknya android jika membersihkan atau menghapus file. Dan untuk software aplikasi rekomendasi sebaiknya anda menggunakan CCleaner.

1. Download Aplikasinya di CCleaner Download lalu install
2. Setelah proses install selesai silahkan buka aplikasi CCleaner tersebut
3. Di tampilan Home Pilih Cleaner
4. Selanjutnya Klik Analyze dan jika ada peringatan laman browser yang muncul klik saja NO
5. Terakhir Klik Run Cleaner dan tunggu hingga proses selesai



Jika salah satu cara diatas anda telah gunakan dan berhasil makan hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini (tidak merah lagi)

Cara Mengatasi Hardisk Drive C Merah Atau Penyimpanan Penuh

Local / Drives C Sudah Bersih

Namun jika ketiga cara diatas anda telah lakukan tapi masih belum ada perubahan saya sarankan untuk Uninstall Aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dan gunakan atau memberi tambahan ruang kapasitas pada Drives C.

Penutup

Demikian untuk cara mengatasi Hard Disk Drives C penuh atau merah pada komputer windows yang dapat saya jelaskan. Bagaimana mudah kan tutorialnya? Yuk di coba praktek biar tahu.
Semoga bermanfaat dan berhasil!


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.