Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Cara Membuat Surat Izin Sakit Beserta Contohnya

ndelet.com - Tips Cara Membuat Surat Izin Sakit Beserta Contohnya , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Cara Membuat Surat Izin Sakit Beserta Contohnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel blog, Artikel lain-lain, Artikel Surat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


GAWARIBLOG-Dalam dunia kerja ataupun sekolah, kita pasti pernah ada halangan untuk berangkat dikarenakan sakit atau ada hal yang tidak bisa ditinggalkan. Oleh karena itu kita butuh yang namanya Surat Izin untuk tidak masuk kerja dan sekolah.

Surat izin sakit adalah termasuk surat perseorangan atau pribadi yang terikat dengan sebuah lembaga atau kedinasan. Surat ini digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang yang bersangkutan tidak dapat mengikuti aktivitas seperti biasa karena alasan sakit. Sebab dalam urusan sekolah atau pekerjaan tentu seseorang tidak dapat memastikan bahwa dirinya selalu bisa mengikuti aktivitas.

Tips Cara Membuat Surat Izin Beserta Contohnya


Jika kamu sedang ingin membuat surat ijin karena sakit atau hal lainya untuk tidak masuk kelas ataupun kerja bisa simak ulasan dibawah ini tentang Tips Cara Membuat Surat Izin Beserta Contohnya. Pembahasannya juga akan disusun secara sederhana agar kamu bisa memahami dan membuat surat ijin kamu sendiri.

Tips Agar Surat Izin Agar Lebih Dipercaya Oleh Atasan Maupun Guru



Untuk menulis surat izin yang akan ditujukan kepada suatu lembaga tertentu, tentu tidak boleh sembarang. Karena surat akan lebih meyakinkan dan mudah diterima jika kamu menulisnya dengan benar. Cobalah untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini agar tidak salah dalam menulis surat izin:

1. Pikirkan Matang-Matang Alasan Membuat Surat Izin

Pertama yang harus diperhatikan adalah alasan terkait mengapa kamu izin untuk tidak mengikuti aktivitas. Jangan memberikan alasan yang tidak sesuai dengan keadaan diri kamu sendiri, karena hal itu akan berdampak kepada kepercayaan atasan di kemudian hari. Berikanlah alasan yang benar dan tepat tanpa mengada-ada.

2. Perhatikan Sistematika Penulisan

Selain harus mempertanggungjawabkan alasan diatas, dalam penulisan surat izin pun haruslah sesuai dengan sistematika penulisan. Dengan memperhatikan kaidah penulisan tentu surat yang kamu tulis akan terlihat lebih profesional saat dibaca dan membuat kredibilitasnya lebih tinggi. Surat yang bagus juga akan menggambarkan bahwa kamu memang bersungguh-sungguh menulisnya.

3. Gunakan Kata-kata Yang Formal Dan Mudah Dimengerti

Dalam penulisan surat seperti ini gunakan lah kata-kata yang formal dan gampang dimengerti oleh pembaca. Jangan menggunakan bahasa yang berlebihan dan terkesan tidak formal. Bukan hanya itu, bahasa yang baik dan benar juga adalah sebagai bentuk hormat dan kesopanan kepada atasan.

4. Usahakan Jangan Ada Kesalahan Penulisan

Jika kamu telah selesai menulis surat izin, cobalah untuk memperhatikannya kembali, jangan sampai di dalam surat terdapat kesalahan. Salah yang dimaksud bisa terkait dengan informasi, alasan atau terjadi typo pada tulisan. Kesalahan seperti ini juga sangat berpengaruh terhadap kredibilitas surat yang dibuat.

5. Jangan Lupa Masukkan Ke Dalam Amplop

Nah, terakhir gunakan lah amplop yang sesuai, atau bahkan jangan sampai mengirim surat tanpa memasukkan nya ke dalam amplop. Tentu jika kamu melakukan kesalahan itu akan mengurangi nilai kesopanan terhadap atasan atau guru. Masukkan lah surat dengan rapi dan juga usahakan amplop dalam keadaan tidak rusak.

Hal-hal yang harus ada di dalam Surat Izin


Dalam pembuatan surat izin sakit ini ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Dengan adanya unsur-unsur ini maka penulisan surat pun akan lebih ter-struktur, lengkap dan juga rapi. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:


1. Tempat Serta Tanggal pada Surat

Hal yang sangat penting dalam pembuatan surat izin adalah dengan mencantumkan tempat dan tanggal surat. Adanya tanggal ini berguna untuk menjelaskan kapan dan dimana surat dibuat. Adapun penulisannya diletakkan pada sisi kanan atas surat.

2. Alamat Harus Tertera

Begitu pun dengan alamat surat, jangan sampai tidak dicantumkan karena berguna untuk obyek pengiriman. kamu juga harus menyebutkan nama sasaran serta jabatan yang akan dituju. Nah adapun letak alamat ini berada di sisi kiri bagian atas.

3. Terdapat Salam

Selanjutnya adalah dengan menyampaikan salam pembuka sebagai tanda kesopanan dan kesantunan kepada atasan. Posisi salam pembuka ini berada di bawah alamat surat

4. Memuat Isi

Bagian keempat adalah isi surat yang memuat perihal maksud dan tujuan dari surat yang kamu buat. Pada bagian ini terdapat beberapa alinea, yaitu pembuka, pokok dan terakhir alinea penutup.

Pada alinea pembuka kamu dapat menjelaskan terkait identitas kamu sendiri sebagai pemohon izin. Kemudian pada bagian kedua kamu dapat menyampaikan alasan mengapa tidak dapat mengikuti aktivitas kelembagaan seperti biasa. Terakhir pada alinea penutup kamu dapat menyampaikan kalimat akhir serta ucapan terimakasih.

5. Penutup Berupa Salam

Sebagai mana salam pembuka, di akhir surat pun kamu harus mencantumkan salam penutup sebagai bentuk kesopanan dan keramahan. Salam penutup bisa diletakkan di sisi kanan bagian bawah ini surat.

6. Cantumkan Nama dan Tanda Tangan Penulis


Terakhir setelah salam penutup kamu perlu menyampaikan nama penulis dan juga tanda tangan. Jangan lupa juga untuk menuliskan keterangan terkait posisi kamu.



Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah


Jika kamu seorang pelajar yang ingin menulis surat izin sakit kepada wali kelas, tentu kamu pun harus memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Akan tetapi tidak perlu khawatir, kamu dapat mengikuti contoh beberapa surat izin yang sudah kami sediakan dibawah:


                                                                                    Grabag, 25 Maret 2020

Yth.
Bapak Guru Wali Kelas 12
SMK Negeri 1 Pringsurat


 Assalamualaikum Wr. Wb. Saya bertanda tangan di bawah ini :
 Nama : Imam Hafidzul Haqi
 Kelas : 12 SMK
 NIK : 3308761001
 Alamat : Jl. Telaga Bleder Km 1 Grabag Magelang

 Dengan surat ini saya meminta izin kepada Wali Kelas bahwa saya tidak bisa menghadiri kelas pembelajaran di hari Rabu, 25 Maret 2020 disebabkan sakit (demam panas). Karena hal tersebutlah saya beristirahat hingga waktu yang tidak tertentu.

 Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terima kasih.

 Hormat Saya,
 Siswa SMK Negeri 1 Pringsurat


 Imam Hafidzul Haqi


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kuliah

Magelang, 19 April 2018

Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Universitas Muhammadiyah Magelang

Program Studi Komunikasi

Dengan hormat,

Saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Iskandar Putra

NPM                : 14.4.40.99.0849

Fakultas          : Fakultas Ilmu Sosial

Program Studi : Komunikasi

Memberitahukan kepada Dosen Pengajar jika pada hari senin, 19 April 2018, saya tidak bisa ikut serta dalam kegiatan perkuliahan disebabkan sakit (DBD) dan sedang dirawat di Rumah Sakit Magelang. Karena hal tersebutlah saya meminta izin hingga saya benar-benar pulih dan sehat.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Mahasiswa

Iskandar Putra


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Jakarta Timur, 20 Maret 2020

Yth.

Direktur PT Alumunium Indonesia

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Abdur Rauf

NIP                   : 0713171742

Jabatan            : –

Alamat            : Jalan Kramat Asem Raya No. 22, Utan Kayu Selatan, Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120

Melalui surat ini memberitahukan pada hari Jumat 28 Januari 2014, saya tidak dapat masuk kerja dikarenakan sakit gigi. Untuk itu, saya meminta izin tidak masuk kerja hingga keadaan saya benar-benar sehat dan pulih.

Demikianlah surat ini disampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih yang sangat. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Karyawan

Abdur Rauf



Penutup


Itulah ulasan tentang apa itu Surat Izin Sakit dan Tips Cara Membuat Surat Izin Sakit Beserta Contohnya. Memang kita tidak ingin sakit dan ingin sehat selalu tapi jika memang sedang sakit dan tidak bisa bekerja atau pergi sekolah mau gimana lagi.
Semoga ulasan diatas bisa membantu kamu untuk membuat surat ijin sakit ya.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Berlangganan via Email