Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Game Lag Pada VGA AMD

ndelet.com - Cara Mengatasi Game Lag Pada VGA AMD , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Game Lag Pada VGA AMD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel blog, Artikel Game, Artikel lain-lain, Artikel Perbaikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


GAWARI-Siapa yang gak suka main game?
Dari jaman dulu sampai jaman sekarang, Gaming adalah hobi yang selalu digemari oleh banyak orang. Dari jaman Konsol, Mobile, dan PC tentunya.

Dan, bicara soal PC, Sobat pasti tahu, bahwa ada satu Vendor VGA (Sekaligus Processor) yang sudah terkenal di dunia game. Yakni AMD.
Dan juga, untuk yang menggunakan VGA AMD, pasti di Laptop atau PCnya ada yang namanya Driver.

Saat bermain game entah itu PES 2017, PES 2020, atau game lainnya biasanya akan terjadi sedikit lag. Kenapa kok bisa lag? Itu terjadi karena salah setinggan.
Nah,kita bisa mengoptimalkan VGA AMD lewat Driver ini untuk memperbaiki lag.



Cara Mengatasi Game Lag Pada VGA AMD


Cara setting VGA AMD ini, sebenarnya bisa dikatakan Wajib, jika VGA yang kamu pakai masuk kedalam kelas Mainstream sampai Low End.

Kenapa?

Karena dengan setting Driver, kita bisa mengoptimalkan tingkat grafis pada game, yang berefek pada jumlah FPS (Frame Per Second) pada Game yang dimainkan, menjadi mengalami peningkatan.

Efeknya, ngegame jadi lebih lancar, dan jadi tidak patah-patah lagi.


Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas tentang cara mengatur VGA AMD untuk meningkatkan FPS pada game. Yang tentunya Work untuk semua jenis VGA PC maupun Laptop (HD series, R series, RX series dan lain-lain).

Berikut langkah-langkahnya : 

Sebelum memulai, pastikan Driver AMD yang terinstall di Laptop / PC  sudah dalam keadaan versi Update.

Setiap beberapa waktu, AMD selalu mengupdate definisi Driver mereka. Dan setiap Update, akan ada banyak bug serta peningkatan performa.
Untuk versi Drivernya sendiri yang paling sering dipakai ada 3. Yakni Catalyst, Crimson, dan Adrenaline.
Dan Driver yang saya pakai untuk tutor disini, adalah versi Adrenaline.

Jika sudah di update ke versi terbaru, langsung saja kita mulai :

1. Silakan Klik Kanan pada Dekstop, kemudian klik AMD Radeon Settings



2. Selanjutnya, klik Tab Gaming, kemudian masuk ke Global Settings..



3. Nah, di Tab Global Graphics, sobat bisa mengatur setting dari VGA AMD..



Cara Settingnya :



  • Anti Aliasing Mode = Use Applicaton Settings 
  • Anti Aliasing Method = Adaptive Multisampling 
  • Morphological Filtering = Off 
  • Anisotropic Filtering = Off 
  • Texture Filtering Quality = Performance 
  • Surface Format Optimization = On 
  • Wait For Vertical Refresh = Off / On
  • Triple Buffering = On 
  • Shader Cache = AMD Optimized
  • Tesselation Mode = Override Applicaton Settings lalu di OFF



 Penjelasan Setting Graphic Driver AMD

Anti Aliasing Mode = Use Applicaton Settings : Fungsi Antialiasing disini, adalah untuk mengurangi garis-garis kasar.. Atau lebih tepat jika saya bilang berfungsi untuk menghaluskan garis-garis kasar tersebut.

Anti Aliasing Method = Adaptive Multisampling : Pengaturan lanjutan untuk meningkatkan kualitas Antialiasing. Ganti ke Adaptive Multisampling, untuk performa yang lebih baik.

Morphological Filtering = Off = Fungsinya untuk menghaluskan texture pada game. Saya rekomendasikan, supaya tetap di Setting Off.

Anisotropic Filtering = Off : Berungsi untuk meningkatkan kualitas gambar (Texture) pada game. Di rekomendasikan untuk menyettingnya dalam keadaan Off, agar pada setitng game bisa dibuat Off lagi.

Texture Filtering Quality = Performance : Berfungsi untuk meningkatkan detail dari Texture pada Game. Semakin tinggi setting, semakin tinggi pula hasil texture yang dihasilkan.

Surface Format Optimization = On : Saya kurang tahu detail dari setting ini. Kalau dari situs AMD, bilang bahwa setting ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi Rendering ketika fitur Surface Format ini tersedia. Aktifkan fitur ini, supaya performa naik + VRAM yang terpakai jadi lebih sedikit.

Wait For Vertical Refresh = Off / On : Gak usah bingung, ini adalah V-Sync. Agak panjang kalau menjelaskan fitur V-Sync ini disini, tapi intinya, kebanyakan fitur ini digunakan untuk mencegah Screen Tearing. Sobat bisa setting ke Off atau On.

Triple Buffering = On : Berfungsi untuk mengurangi stutter dan tearing. Kalau saya, selalu menyalakan fitur ini untuk menambah FPS menjadi lebih tinggi.

Shader Cache = AMD Optimized : Berfungsi untuk menyimpan shader yang sering terpakai di Game, dan meloadnya kembali ketika dibutuhkan. Shader Cache ini juga bisa mengurangi resource pada CPU sekaligus bisa mempercepat waktu loading pada game.

Tesselation Mode = Override Applicaton Settings lalu di OFF = Fungsinya untuk meningkatkan kualitas texture serta gambar pada game, menjadi jauh lebih bagus. Kalau sobat ingin performa lebih, maka settings tesselation ini ke mode OFF.

Jika sudah di setting, silakan restart PC / Laptop Sobat, supaya berefek.


Nah, demikian sedikit tutorial tentang cara setting VGA AMD supaya ngegame jadi lancar.
Dengan memakai Setting diatas, bisa menambah FPS, hingga 10-20 FPS (Tergantung Game).
Setting diatas juga tidak mengikat, karena tiap orang pasti punya komponen yang beda-beda (Misal, Monitor Freesync)..

Jadi kamu bisa berimprovisasi sendiri, sampai menemukan setting yang paling pas untuk Laptop atau PC sobat.

Semoga bermanfaat. dan Happy Gaming.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.