Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

PLN Beri Token Listrik Gratis, Begini Cara Mendapatkannya

ndelet.com - PLN Beri Token Listrik Gratis, Begini Cara Mendapatkannya , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PLN Beri Token Listrik Gratis, Begini Cara Mendapatkannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel blog, Artikel Info Menarik, Artikel lain-lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


GAWARIBLOG-PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero membebaskan biaya listrik pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk pelanggan dengan daya 900 VA.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyebutkan pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni menggunakan kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token.

"Bagi pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melalui keterangan resminya dilansir dari Antara, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu, kata dia, pelanggan yang terlanjur membeli, maka token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan.

"Jadi token yang telah dibeli tidak hilang," ujar Zulkifli.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyarakat yang paling terdampak pandemi virus corona (covid-19).

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

"Untuk yang pascabayar, tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran," ujarnya.

Zulkifli mengatakan PLN langsung menyiapkan pelaksanaan teknis atas kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membebaskan pembayaran listrik 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA, dan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan daya 900 VA bersubsidi.

PLN saat ini tengah melakukan proses pendataan ke dalam sistem, untuk pelanggan bersubsidi tersebut.

Proses tersebut dijadwalkan akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

PLN Beri Token Listrik Gratis, Begini Cara Mendapatkannya


Dilansir dari laman PLN, disebutkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

PLN Beri Token Listrik Gratis, Begini Cara Mendapatkannya


Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.


Bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA bersubsidi.


Mekanisme website


1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID pelanggan/ nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123


1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.


Kesimpulan

Jadi program listrik gratis ini akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan. Perlu diketahui bahwa hanya Pelanggan yang memiliki spedometer 450VA yang mendapat subsidi gratis dan pelanggan 900 VA mendapat diskon 50%, itupun yang mendapat subsidi.

Cara mengetahui apakah Nomor pelanggan PLN kamu mendapat subsidi ini adalah harus memiliki kode khusus. Kode tersebut seperti dibawah;

Gratis 100% mengikuti pembelian terakhir

R1 450VA
R1T 450VA

Diskon 50%

R1 900VA
R1T 900VA

Tidak mendapat subsidi

R1M 900VA
R1MT 900VA

Catatan :
R = Rumah Tangga
T = Token
M = Mampu

Semoga penjelasan diatas bisa sedikit memberi pengetahuan bagi masayarakat yang sedikit bingung akan program listrik gratis ini.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Berlangganan via Email