Tips Supaya CV Dilirik HRD dan Bisa Lolos Seleksi - ndelet.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Supaya CV Dilirik HRD dan Bisa Lolos Seleksi

GAWARIBLOG-Halo saya mau berbagi ilmu ya barangkali ada yg lagi Cari kerja atau bingung isi CV kaya gimana aja, tips supaya CV dilirik HRD dan bisa lolos Seleksi.
Sebelumnya saya sudah pernah membagikan tentang Personality CV Bahasa Inggris. Di situ dibahas bagaimana membuat CV sederhana, kali ini saya akan berbagi Tips Supaya CV Dilirik HRD dan Bisa Lolos Seleksi. Artikel serupa juga pernah saya bagikan dengan judul Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD.



Kali ini saya juga akan membagikan 10 Deasin CV yang berbentuk PSD. Jadi kamu tinggal mengeditnya saja.

Tips Supaya CV Dilirik HRD dan Bisa Lolos Seleksi

Seperti yang sudah kita ketahui membuat CV yang menarik akan menambah daya jual kita sebagai pelamar kerja. Membuat sebaik dan semenarik mungkin dan tentu harus sesuai dengan profil Perusahaan yang ingin dilamar. Karena walau tempalte keren tapi salah memilih tema CV juga akan membuat daya jual kamu sebagai pelamar kerja menjadi turun.

Maka dari itu yuk baca tips-tips dibawah agar kamu bisa lebih berhati-hati dan lebih paham dalam membuat CV.

1. CV tidak banyak warna yaa, kecuali kamu ngelamar jadi Desain Grafis its OK. Tapi kalo untuk Staf atau tingkat karyawan 2/3 warna cukup.

2. Font prefer di Arial atau Calibri aja ya

3. Seimbang. Isi jangan ada yang kosong sebelah atau penuh sebelah. Ratakan

4. Please jgn cantumin Agama. Kali Hrdnya rasis gimana?

5. TK SD SMP? Jangan.. Hrd gak akan peduli TK atau SMP dimana, cukup pend. Terakhir saja.

6. PAS Foto Formal.

7. Hobi?? Boleh, kalau bersangkutan dengan bidang yang dilamar.

8. Kemampuan / Skil? Entah itu bahasa, komputer, dll please jangan dikasih Skala.
Misal kamu bisa Ms. WORD. Tulis aja Ms. Word. Kalau pake skala kesannya itu ambigu, dimana skala 50 bisanya akan sampai berapa? So, cantumin aja skill/bahasa yg benar2 bisa.

9. CV mending Inggris atau Indo? Trust yourself. Kalo yakin bisa bhs inggris silahkan pake bhs inggris, HRD akan lebih tertarik.

10. Hindari Typo. Bahaya banget.

11. Pernah jadi panitia, penyelenggara? Masukin! Apalagi kamu lulusan baru. Tapi kalo sebatas peserta, jangan ya..

12. Punya sertifikat atau dokumen pendukung dgn nilai yang baik? Cantumin yaa sebutin sertifikat apabdan nilainya berapa.

13. Buat yg ngelamar di Industri Digital, nyantumin Beberapa akun Medsos bisa jadi nilai tambah. Tapi... Pastiin Medsos kalian aman dan bersih dari postingan anu yaa hehe.. But kalo jejak digital kalian kurang baik, jangan deh yaa..

14. Saya nyaranin jangan pake CV dari tempat Fotokopi yang 500an itu, saya gak nyaranin. Mungkin auto skip sama HRDnya. Itu lebih kaya berkas kelurahan 😂

--- Kenapa CV itu harus di desain semenarik mungkin? --


Bayangin deh misal perekrut di mejanya ada puluhan atau bahkan ratusan CV. Apa bakal dibaca 1 1? Mungkin.. Tapi setauku dia akan ambil daei semuanya yang paling menarik.

Itulah. peran besar CV buat persaingan kerja.

Sekian, kalau ada yang mau ditanyakan yg lainnya silahkan komen yaa, mari sama-sama kurangi angka pengangguran di Indonesia :) sekalian berdiskusi.

Kalau kurang lengkap/yakin bisa cari referensi di lain sumber juga yaa.. Jangan jadikan ini sebagai patokan, kamu bisa bertanya kepada teman atau orang yang pernah membuat CV untuk Melamar kerja.

Berikut Saya bagikan 10 Deasin CV berbentuk PSD


10 Desain CV PSD


Desain Lainya

Versi 1

Versi 2