Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian CISCO Packet Tracer

ndelet.com - Pengertian CISCO Packet Tracer , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian CISCO Packet Tracer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel blog, Artikel Jaringan, Artikel lain-lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


GAWARIBLOG-Halo sudah satu minggu ini saya tidak update artikel dikarenakan kesibukan dan baru hari ini bisa update artikel di blog GAWARI ini. Kali ini saya akan membahas tentang CISCO Packet Tracer, tentu bagi kamu yang bergelut di bidang Jaringan sudah tidak asing lagi.

Tapi apa sih Packet Tracer itu? Yuk simak ulasan dibawah.

CISCO Packet Tracer


Pengenalan Packet Tracer CISCO


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Manfaat Penggunaan CISCO Packet Tracer


Manfaat menggunakan Cisco Packet Tracer diantaranya :


  • Melengkapi peralatan kelas dengan simulasi realistis dan memvisualisasikan proses internal secara real-time
  • Multiuser, kolaborasi secara realtime dan kompetisi untuk pembelajaran dinamis
  • Penulisan dan lokalisasi kegiatan pembelajaran terstruktur seperti laboratorium, demonstrasi, kuis, ujian, dan permainan
  • Siswa mengeksplorasi konsep, melakukan eksperimen, dan menguji pemahaman mereka tentang pembangunan jaringan
  • Desain, bangun, konfigurasi, dan mengatasi masalah jaringan yang rumit menggunakan peralatan virtual
  • Dapat digunakan untuk kuliah, laboratorium kelompok dan individu, pekerjaan rumah, permainan, dan kompetisi
  • Mendukung ekspansi fitur melalui aplikasi eksternal menggunakan API

Fitur-Fitur CISCO Packet Tracer


Cisco Packet Tracer ini walaupun tidak selengkap software aslinya akan tetapi sudah bisa mensimulasikan banyak jenis fitur jaringan. Seperti dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIP, OSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.

Apa sih maksud istilah diatas?

1. Aplication Layer Protocols

Lapisan aplikasi hadir di bagian atas model OSI. Ini adalah lapisan di mana pengguna berinteraksi. Ini menyediakan layanan kepada pengguna.
  • Telnet
  • FTP
  • TFTP
  • NFS
  • SMTP
  • LPD
  • XWINDOW
  • SNP
  • DNS
  • DHCP

2. Routing Dasar RIP

Routing Information Protocol (RIP) adalah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini mengimplementasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritme Distance-Vector Routing.

3. OSPF


Buka Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing standar untuk IP jaringan. OSPF menggunakan algoritma Link State Routing dan merupakan salah satu jenis Protokol Interior Gateway Protocol (IGP) yang bekerja pada sistem autonomous (AS).

4. EIGRP


EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) diawali dengan IGRP (Interior Gateway Routing Protocol). IGRP adalah sebuah Routing Protocol jenis Distance Vector milik Cisco. IGRP & EIGRP diciptakan untuk mengatasi masalah yang ada pada RIP. Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah sebuah Distance Vector Protocol yang Classless dan sudah ditingkatkan (Enhanced), yang memberikan keunggulan dibandingkan dengan IGRP. EIGRP menggunakan konsep Autonomous System untuk menggambarkan kumpulan dari Router yang Contiguous (Berentetan / Bersebelahan) yang menjalankan Routing Protocol yang sama dan berbagi Informasi Routing. Selain itu EIGRP juga memasukkan SubnetMask ke dalam Update Route-nya.

Itulah sedikit ulasan tentang Cisco Packet Tracer semoga kamu sedikit mendapat gambaran tentang aplikasi ini.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Berlangganan via Email