Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Review Dan Cara Membuatnya

ndelet.com - Pengertian Review Dan Cara Membuatnya , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Review Dan Cara Membuatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel blog, Artikel lain-lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Pengertian Review Dan Cara MembuatnyaーUntuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Review yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, tujuan, struktur, cara membuat dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


PENGERTIAN REVIEW

Dengan semakin masifnya penggunaan teknologi internet, kini banyak celah yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, salah satunya adalah dengan membuat artikel review yang sebelumnya telah dipesan oleh pengiklan untuk di posting di blog atau website kita. 

Artikel review adalah sebuah artikel yang sengaja dihadirkan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai suatu hal, baik itu kelebihan atau kekurangan dari objek yang direview.  
Review adalah sebuah ringkasan, tinjauan dari beberapa sumber entah dari film, buku, berita dan lainnya. Tentunya kalian sudah sering mendengar kata rewiew. Seperti review buku, review film, review produk dan lainnya.

Dengan adanya review kita bisa tahu kelebihan, kekurangan dan kualitas dari suatu karya atau produk. Tujuannya digunakan untuk memberi informasi ke pembaca tentang suatu hal dan mengajaknya atau membuat pembeca semakin penasaran, review ini sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Ciri-Ciri Review

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri review, terdiri atas:


  • Tinjauan yang focus pada kata sifat
  • Menggunakan kata atau klausa yang cukup panjang serta komplex
  • Menggunakan perumpamaan

Tujuan Review

Sebenarnya apa tujuan review?? setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda, tetapi tujuan utamanya untuk memberikan informasi, gambaran atau gagasan di sebuah produk atau karya yang dibuat. Kini review jangkauannya lebih luas, tidak hanya pada review buku saja, tetapi termasuk review film, review produk dan masih banyak lainnya, hal ini bisa dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan tentang review suatu produk atau karya.

Jenis-Jenis Review

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis review, terdiri atas:

1. Review Text
Review text adalah teks untuk mengklasifikasi suatu karya, baik film,buku dan lain ya, agar kita mengetahui kualitas, keungulan dan kelemahan yang ada pada karya tersebut.

2. Review Jurnal
Review jurnal adalah sebuah strategi untuk mempermudahkan dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan.

3. Review Buku
Buku merupakan jendela dunia. Walaupun zaman teknologi sekarang, beberapa manusia masih membaca buku menambah wawasan. Buku dari dulu hingga sekarang masih tetap terbit. Setiap hari buku yang bermacam topik dicetak dan didistribusikan. Pembaca memerlukan review terbaru pada buku untuk memudahkan pembaca mencari bacaan yang tepat.

4. Review Gadget
Gadget saat ini merupakan barang yang dimiliki hampir semua orang. Zaman teknologi sekarang mengharuskan untuk memiliki gadget sebagai alat komunikasi di media sosial. Semakin hari, perusahaan gadget semakin bersaing menciptakan dan menjual gadget yang bermanfaat dan canggih. Struktur Tulisan Review Produk cocok digunakan pada review terbaru sebuah gadget.

5. Review Elektronik
Sama dengan gadget dan buku, elektronik membantu kerja manusia. Elektronik yang diperlukan manusia harus dipilih sesuai dengan kegunaan. Calon pengguna masih memerlukan review terbaru dan terlengkap tentang elektronik sebagai referensi sebelum membeli.

6. Review Aplikasi
Semakin maraknya jenis gadget yang modern dan canggih, semakin marak juga jenis aplikasi yang bisa didownload untuk penunjang gadget. Pengguna gadget akan mencari aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari sehingga calon pengguna aplikasi memerlukan review.

7. Review Film
Bagi penyuka film, calon penonton akan mencari tau film yang akan tayang. Mencari tau pemain, garis besar cerita, dan tempat film tersebut dibuat menjadikan penonton ingin menonton film rersebut.

8. Review Komik
Saat ini banyak yang suka membaca komik. Beberapa pembaca komik akan mencari review tentang chapter komik terbaru, karena biasanya akan berisi pembahasan, teori, dan prediksi yang menarik dari sang Reviewer. Misal review Komik One Piece di Website https://blog-wanpis.com

9. Review Makanan
Kuliner sekarang semakin menjamur dengan inovasi yang menggiur. Review makanan tak pernah habis, chef yang berekplorasi setiap hari menciptakan makanan baru yang menggoda. Calon pemakan ingin mengetahui isi, bau, rasa, dan harga dari makanan. Review makanan ini merupakan Cara mudah menulis review bagi pemula dengan melihat tampilan dan mencicipi.

Struktur Review

Sebuah review mempunyai bentuk struktur yang umum. Struktur yang pertama adalah:

1. Pengenalan
Pada bagian itu terdapat pengenalan penggalan secara umum mengenai hal yang akan di bahan atau di tinjau. Gambaran umum mengenai sesuatu mulai dari nama, asal, background, dan sebagainya akan di bahas pada bagian ini.

2. Evaluasi
Mengenai suatu hal atau produk. Kemudian dilanjutkan dengan interpretasi atau pandangan penulis terhadap sesuatu yang dibahas. Karya atau benda yang di review akan di bandingkan dan dibedah secara dalam di bagian ini. Setelah ditemukan kurang lebihnya, bagian yang terakhir adalah kesimpulan.

Cara Membuat Review Buku

Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan saat akan membuat review buku, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, inilah beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:


  1. Review buku dengan kalimat yang bisa mendeskripsikan isi dari buku tersebut.
  2. Tulis hal-hal yang kalian sukai dari buku tersebut.
  3. Tulis hal-hal yang tidak kalian sukai dari buku tersebut.
  4. Tulis secara ringkas pemikiran kalian terhadap isi buku tersebut, kalian juga bisa menulis rekomendasi ke pembaca, kenapa harus membaca atau tidak membaca buku tersebut.
  5. Tambahkan rating untuk buku yang sudah kalian baca.
  6. Saat menulis review produk atau film pun, tata caranya hampir sama, saat membuat review juga harus disesuaikan dengan kondisinya. Apakah dibuat untuk formal atau tidak. Karena kini banyak orang yang membuat review di blog pribadinya. Dengan kata-kata yang lebih santai, mereka membuat tulisan review tentang film, produk, buku atau apapun yang dia inginkan. Bahkan kalian bisa mendapatkan penghasilan dari menulis review.


Dengan penjelasan diatas tentu saja anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai artikel review.

Agar anda benar-benar mengetahui apa itu artikel review, berikut kami hadirkan contoh penulisan artikel review yang baik dan benar untuk anda.


Pembukaan
Kalau dalam artikel ilmiah, ini adalah bagian pendahuluan. Disini anda bisa menyampaikan kenapa anda melakukan review terkait dengan jasa atau produk tersebut.

Artikel review yang sering ditulis seorang blogger biasanya adalah artikel pesanan dari owner, lalu apakah kita harus menyampaiakan bahwa artikel ini tercipta karena pesanan?

Tentu saja tidak.

Anda harus menjelaskan dengan pemilihan kata yang teapt agar tidak terlihat bahwa artile review tersebut adalah pesanan dari owner.

Penjelasan Produk
Jika dalam sebuah artikel ilmiah, bagian ini adalah latar belakang dimana anda harus menjelaskan dengan detail terkait produk atau jasa yang sedang anda review.

Ada beberapa hal yang bisa anda jelaskan dimulai dari siapa yang membuat produk tersebut, kapan mulai di produksi, produk tersebut untuk apa, dan informasi penting lainnya.

Kelebihan
Dan inilah sebenarnya inti dari artikel review yang dipesan oleh sang owner, yaitu menjelaskan kelebihan produk yang anda review dibandingkan dengan produk lainnya.

Dalam bagian ini kami sarankan untuk memberikan informasi yang akurat, meskipun tugas kita adalah memasarkan produk tersebut, anda tidak boleh memmberikan testimoni yang palsu yang tentu saja merugikan pembaca anda.

Kekurangan
Apakah artikel review boleh di isi dengan kekurangan produk tersebut? jika anda bertanya demikian, maka kami Jawarakonten sebagai penyedia jasa penulisan artikel seo akan menjawabnya dengan boleh, malah bisa dibilang wajib.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua produk itu memiliki kekurangan, dan jika anda terlalu melebikan dan bilang produk ini tidak memiliki kekurangan, sudah sangat jelas kalau ini adalah artikel iklan, bukan review.

Anda harus menjelaskan kekurangan dari produk tersebut, namun kekurangan yang bersifat umum, dimana kekurangan tersebut juga dimiliki oleh produk atau jasa lain.

Kesimpulan
Dan yang terkahir adalah memberikan kesimpulan dari produk yang anda review. Dalam hal ini anda juga boleh memberikan sedikit iklan untuk mengajak pembeli untuk mencicipi produk tersebut. Namun usahakan promosi ini seperti sebuah ajakan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis review, kalian harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film berarti kalian harus menonton film tersebut, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, bangun kreditibilitas tulisan dengan baik. Pastikan kalian menggunakan teknik penulis yang baik, sehingga pembaca semakin tertarik untuk membaca review kalian, jika alur penulisannya kuran menarik, akan membuat pembaca tidak tertarik dengan review yang kalian buat.

Selain itu pastikan menulis review sesuai pengalaman, pembaca bisa membedakan tulisan review mana yang sesuai pengalaman dan hanya pengarang saja, karena detail yang dijelaskan terlihat berbeda. Pengertian review berarti menulis ulasan secara detail. Inilah alasan kenapa kalian harus mempunyai pengalaman mengenai produk tersebut. Untuk review film atau buku, kalian tidak bisa menulis secara detail karena mungkin ada spoiler, tetapi untuk review produk kalian harus menulis secara detail, tulis kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan detail.

Kalian bisa menulis dengan teknik piramida, tulisan suatu hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail. Jangan lupa untuk menambahkan tips dan saran di akhir review. Ini akan membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca keseluruhan review kalian. Berikan saran apakan produk tersebut layak digunakan atau tidak, film tersebut layak di tonton atau tidak.

Contoh Review

Berikut ini terdapat beberapa contoh review, terdiri atas:

1. Contoh Review Buku

Judul : Cara Membuat Review
Penulis : Faranisa Dyah
Penerbit : CaraMembuat.Review
Genre / Kategori : Novel
ISBN : 28768373785675
Tahun Terbit & Cetakan : 2017/3
Garis besar isi dari buku tersebut.
Biografi penulis.
Buku yang sejenis.
Perbandingan dengan buku sejenis tersebut (jika ada)
Sinopsis.
Isi review buku.
Kesimpulan dan penutup.

2. Contoh format mereview jurnal ilmiah;

1. Latar Belakang
– Alasan
– Tujuan penelitian
– Teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya

2. Metode: Eksperimen

Subjek penelitian : Anak SD kelas 5 sebanyak 12 kelas di Chiang May
Teknik pengumpulan data : Metode observasi
Alat pengumpulan data: Lembar observasi
Analisis data: Teknik t-test

3. Hasil dan pembahasan

Hasil: terdapat perbedaan prestasi belajar dari kelompok siswa yang menggunakan metode belajar ceramah dengan yang menggunakan metode bermain
Pembahasan: Perbedaaan ini sesuai dengan teori atau bertentangan? Sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya atau bertentangan?

4. Kesimpulan, keterbatasan dan rekomendasi/saran.

Itulah pembahasan Pengertian Review Dan Cara Membuatnya, semoga bermanfaat ya.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.