Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apakah Teleskop mempunyai jangkauan jarak tertentu?

ndelet.com - Apakah Teleskop mempunyai jangkauan jarak tertentu? , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apakah Teleskop mempunyai jangkauan jarak tertentu?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Astronomi, Artikel wallpaper, Artikel windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Apakah Teleskop mempunyai jangkauan jarak tertentu?



Jawabannya : Tentu Tidak

Teleskop tidak bekerja atas jangkauan jarak, tapi seberapa banyak cahaya yang dikumpulkan. Artinya, Benda sedekat gedung sekalipun jika itu gelap, maka tidak akan terlihat oleh teleskop dan sebaliknya untuk bintang yang berjarak ratusan tahun cahaya. Ingat, Utamanya teleskop bekerja untuk MENGUMPULKAN CAHAYA. Inilah kenapa satelit yang berjarak 36000 kilometer relatif lebih susah diamati dari bulan yang jaraknya 10x dari satelit tersebut.

Pertanyaan akan lebih relevan "apakah teleskop mempunyai jangkauan intensitas cahaya tertentu?"

Jawabannya : Tentu.

Tapi perlu diingat, jangkauan intensitas ini acuannya mata manusia. Contoh, mata manusia hanya bisa melihat bintang hingga maksimal magnitudo 6 (Semakin besar magnitudo, Semakin gelap objeknya). Sedangkan dengan bantuan teleskop, Magnitudo bintang yang bisa dilihat semakin besar karena teleskop mengumpulkan cahaya dan memenuhi persamaan :

Limiting Magnitude = 7,5 + 5 Log D
Dengan D adalah diameter cermin dalam Cm. Teleskop saya dengan diameter 7 cm, mampu melihat bintang hingga magnitudo 11,7. Magnitudo 11,7 sendiri lebih redup 251 triliun kali daripada matahari.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.