10 Jenis Kualitas dan Keterampilan Diri Yang Dicari HRD - ndelet.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Kualitas dan Keterampilan Diri Yang Dicari HRD

10 Jenis Kualitas dan Keterampilan Diri Yang Dicari HRD





1. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam banyak media: melalui email, secara lisan, dengan daftar pesan telepon, di telepon, dan dengan bahasa tubuh. Komunikasi juga mencakup keterampilan mendengarkan dan kemampuan untuk mengikuti arahan dan memberikan respon/umpan balik yang baik.

2. Kejujuran

Pengusaha menginginkan informasi yang akurat dan tepat waktu mengenai bisnis mereka dan karyawan mereka. Jika membuat kesalahan? Jangan menutupinya, akuilah, dan belajar untuk tidak melakukannya lagi.

3. Kompetensi Teknis

Sebagian besar posisi memerlukan keterampilan tertentu yang diiklankan di situs lowongan kerja. Jika Anda disewa untuk melakukan tugas-tugas tertentu maka Anda harus memiliki keterampilan. Meningkatkan keterampilan Anda juga diharapkan.

4. Etika Kerja

Berada di tempat kerja tepat waktu, lakukan apa yang Anda pekerjakan, penuhi target dan tenggat waktu, dan bekerja sebaik mungkin dari kemampuan Anda. Niscaya atasan akan gembira.

5. Fleksibilitas

Pengusaha dan karyawannya perlu bereaksi cepat terhadap perubahan kondisi bisnis. Pengusaha membutuhkan karyawan yang dapat mengubah gigi dan beradaptasi sesuai kebutuhan.

6. Tekad dan Kegigihan

Manajer akan memberikan karyawan tujuan yang menantang tetapi umumnya mereka dapat dicapai. Kuncinya adalah untuk bisa bekerja keras dan terus bergerak maju ketika Anda menghadapi hambatan.

7. Kemampuan untuk Bekerja secara Harmonis dengan Rekan Kerja

Pengusaha dan manajer suka memiliki orang yang bekerja dengan mereka dan bagi mereka yang dapat bergaul dengan kolega mereka dan yang dapat bekerja dengan orang lain secara efektif dalam situasi yang berbeda.

8. Bersemangat dan Bersedia untuk Menambah Basis Pengetahuan dan Keterampilan mereka

Ketika bisnis berubah, seringkali ada kebutuhan untuk mencari tahu informasi baru, memperluas pengetahuan dan mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Orang-orang yang memiliki minat dalam belajar, dan keinginan untuk meneruskannya kepada orang lain, menjadi sangat berharga.

9. Keterampilan Pemecahan Masalah

Perusahaan mencari orang yang termotivasi untuk menghadapi tantangan dengan arah minimal. Karyawan harus melihat ketika sesuatu perlu dilakukan dan bereaksi sesuai.

10. Loyalitas

Pengusaha ingin dan perlu untuk memercayai karyawan mereka untuk bekerja secara profesional untuk memenuhi kepentingan terbaik pengusaha. Pengusaha tidak ingin mempekerjakan orang yang membutuhkan pengawasan ketat atau yang tidak dapat dipercaya untuk mewakili perusahaan di depan umum.

Bagaimana Anda bisa memberi tahu atasan bahwa Anda memiliki sifat-sifat ini ketika melamar pekerjaan?



  • Berikan resume yang menggunakan kata-kata yang dicari majikan untuk mendapatkan perhatian mereka
  • Kirim surat lamaran dengan resume Anda yang menunjukkan dengan jelas bahwa Anda memahami keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu dan memberikan contoh di mana Anda telah menggunakan keterampilan ini.
  • Pastikan referensi Anda akan mengatakan hal-hal yang baik dan sesuai tentang Anda pada pertanyaan
  • Sukarelawan dan minta atasan Anda memberikan referensi
  • Memiliki surat referensi yang bagus dari pemberi kerja sebelumnya untuk diberikan kepada calon pemberi kerja
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik, di resume Anda, di telepon dan dalam wawancara kerja
  • Mintalah contoh dan kisah untuk diceritakan dalam wawancara tentang bagaimana Anda mempelajari sesuatu atau bagaimana Anda memecahkan masalah pada posisi sebelumnya


Nah itulah 10 Jenis Kualitas dan Keterampilan Diri Yang Dicari HRD ataupun pengusaha. Semoga dengan ulasan diatas kawan-kawan bisa lebih memahami apasih yang harus kita pelajari sebelum bekerja.