Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD

ndelet.com - Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel Info Menarik, Artikel Life Style, Artikel Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD



Di era sekarang sebuah CV atau Riwayat Hidup untuk melamar pekerjaan haruslah menarik. Kualitas CV Menentukan Ketertarikan HRD.
Dalam mencari pekerjaan tentunya diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV).

Fungsi dan manfaat dari CV sendiri adalah untuk menunjukkan latar belakang dan perjalanan hidup seseorang sehingga bisa dinilai bagaimana kelayakannya. CV tidak hanya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan. Ia juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa, pelatihan, dan lain sebagainya.

Sebelumnya saya juga sudah pernah post tentang Contoh Personality pada CV (Curriculum Vitae) Bahasa Inggris. Karena memang CV sangat dibutuhkan oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang mereka miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Dan melalui CV ini perusahaan akan mendapat gambaran tentang garis besar kehidupan, riwayat pendidikan, pekerjaan, pengalaman, serta skill yang dimiliki. Sehingga perusahaan bisa mencari kandidat yang relevan dengan jabatan yang kosong.

Namun, fakta dilapangan banyak yang belum terbiasa membuat CV mungkin akan mengalami kebingungan mengenai hal apa saja yang semestinya ada di dalam CV dan bagaimana pula membuat bentuk CV yang baik.

Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas cara membuat curriculum vitae yang menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati HRD yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki sesi wawancara.

Nah setidaknya ada beberapa langkah untuk memluai membuat CV.

1. Melakukan Riset Pekerjaan

Ya, hal yang paling dasar membuat CV untuk melamar kerja adalah melakukan riset tentang pekerjaan dan perusahaan yang akan dillamar. Kenapa kok harus riset dulu? Karena untuk membuat CV yang menarik hati HRD tentulah CV yang relevan dengan jenis pekerjaan dan profil perusahaan.

Melalui cara ini kita juga bisa tau etos kerja serta visi misi dari perusahaan yang kita tuju. Riset ini bisa dilakukan melalui kenalan yang sudah bekerja di perusahaan itu, situs job online, atau informasi di media sosial. Catatlah segalah informasi persyaratan dokumen sesuai kualifikasi pekerjaan.

2. Ketahui Bentuk CV Secara Umum

Dalam membuat CV, pastikan kita membuatnya dengan baik dan juga benar. Apalagi jika tujuannya untuk melamar kerja. Pastikan riwayat hidup tercover di dalamnya beserta riwayat pendidikan dan hal-hal penting lainnya.
Semua data diri, khususnya pengalaman dan juga prestasi sangat penting bagi pihak HRD untuk bahan pertimbangan apakah akan menerima sebagai karyawan ataulah sebaliknya. 

Nah, berikut adalah gambaran umum dari CV

  • Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
  • Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
3. Memulai membuat CV

Cara membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu kita tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah

  • Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap , alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru.
  • Tulis jenjang pendidikan.
  • Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter dan nilai-nilai kehidupan yang dijunnung.
  • Deskripsikan keterampilan serta skill yang dimiliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran.
  • Apabila sudah bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja dan pencapaian serta penghargaan yang pernah di raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri sendiri dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  • Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah diikuti yang menambah skill.
  • Cantumkan informasi diri yang relevan dengan pekerjaan dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat bekerja sebelumnya.

Dibawah ini adalah contoh format CV secara umum yang bisa kita gunakan untuk melamar pekerjaan.

Curriculum Vitae
1. Nama Lengkap:
2. Tempat & tanggal lahir:
3. Alamat:
4. Jenis Kelamin:
5. Status Perkawinan:
6. Agama:
7. No Telp:
8. Email:
Riwayat Pendidikan Formal:
1999 – 2005:
2. 2005 – 2008:
2008 – 2011:
2011 – 20015:
Riwayat Pendidikan Informal:
2015:
2. 2015:
Pengalaman Kerja:
  • 2015 – 2016 :
  • 2016 – 2017 :
Demikianlah daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae saya yang dibuat sebagaimana mestinya. CV yang saya buat ini untuk tambahan informasi sebagai bahan pertimbangan untuk menerima surat lamaran yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Magelang, 11 September 2019
Penulis

Kita bisa menggunakan desain CV yang lebih menarik. Banyak desain yang tersedia di internet dengan kata kunci "CV Design". Bisa juga membuat CV melalui web Canva, membuat desain sesuai apa yang kita mau dan yang pasti harus relevan, rapi, dan minimalis.

4. Perbaiki, Baca Ulang, dan Analisis

Jika sudah selesai membuat CV kita harus membaca ulang dan memperbaikinya, supaya tidak ada kesalah ataupun typo dalam CV yang kita buat.

Serta harus objektif dalam melihat CV yang kita buat dengan meminta bantuan teman atau orang yang cukup berpengalaman untuk melihat hasil CV sudah layakkah jika akan dibaca HRD.
Dari situ kita akan dapat hasil yang terbaik.

Berikut saya sediakan contoh template desain CV berbentuk file psd yang bisa di edit.


Versi 1


Versi 2

Nah, demikian lah cara Membuat CV Personal Yang Menarik Di Mata HRD. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Tetaplah semangat dalam mencari pekerjaan, karena usaha tidak akan menghianati hasil.
Salam


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.