Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Dan Fungsi Hardware Komputer

ndelet.com - Pengertian Dan Fungsi Hardware Komputer , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Dan Fungsi Hardware Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel hardware, Artikel Ilmu Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.





Hardware adalah komponen penting dari system kerja komputer. Hardware disebut sebagai perangkat keras artinya perangkat tersebut bisa kita sentuh.

Komputer memiliki beberapa komponen penting yang saling bekerja sama . Komponen tersebut salah satunya hardware atau perangkat keras  . maka dari itu di artikel ini saya akan membahas secara lengkap mengenai  Pengertian Dan Fungsi Hardware.

Hardware atau perangkat keras merupakan kumpulan elemen atau komponen fisik yang menyusun suatu sistem komputer. 

Secara garis besar, Hardware dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan cara kerja dan fungsinya, yang terdiri dari input device,proces device,output device, dan storage device.

1. Peralatan Input (Input Device)

Adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori kemudian di olah oleh prosesor sehingga menghasilkan suatu informasi. 

Contoh dari input device :

a. Keyboard Komputer - adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam Bahasa Indonesia, keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts. Berfungsi untuk  memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

b. Mouse - dalam bahasa Indonesia tetikus, merupakan alat input (masukan) komputer yang digerakkan oleh tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi/perintah. Dengan kata lain, Mouse ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. 

c. Touchpad - berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di LAPTOP.

d. Scanner - adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dengan demikian, fungsi scanner ini hampir sama dengan mesin fotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung kita lihat pada kertas, sedangkan hasil scanner ditampilkan pada layar komputer terlebih dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Kemudian hasil dari scan-an dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, maupun gambar. Scanner ini disebut juga alat pindai atau pemindai.

e. Microphone dan Headphone - adalah alat yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

2. Peralatan pemroses (proses device)

Merupakan hardware yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan intruksi yang diterima dari input hardware dan kemudian hasilnya akan dikirimkan ke output hardware untuk ditampilkan atau dicetak. Contoh dari perangkat keras pemrosesan adalah :

a. CPU - unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer.
Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor.

b. Motherboard -  Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

c. Prosesor - sebuah perangkat yang di gunakan untuk mengolah data yang masuk, atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya komputer.

d. RAM - Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

e. ROM - Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.

f. VGA Card- untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

g. LAN Card - kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan / network. Pengertian Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan.

h. CMOS - suatu memory yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya.

i. Sound card - perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer sebagai penghubung dari speaker ke pc.

j. I/O Card - adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive.

3. Peralatan output (Output device )

adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. 

Contoh dari output device adalah :

a. Monitor - salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya.

b. Printer - alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. 

c. Speaker - Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Plotter - salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. 

4. Peralatan penyimapan (storage device)

Storage devices pada sistem komputer Fungsinya untuk menyimpan data dalam sebuah komputer.

Berikut contoh storage device :

a. Hard Disk - adalah Penyimpan Eksternal yang umum digunakan dalam sistem komputer. Karena harddisk biasanya adalah tempat penyimpanan sofware atau sistem operasi.

b. CD (Compact Disk) - merupakan salah satu media penyimpan eksternal berupa piringan optik, yang menggunakan sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data.

c. DVD (digital Video Disc ) - merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. Namun DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD.

d. Pita Magnetik - Media penyimpanan pita magnetik atau disebut magnetic tape terbuat dari bahan magnetik yang dilapiskan pada plastik tipis, seperti pita pada pita kaset.

e. Flask Disk - atau kadang disebut flash drive merupakan media penyimpan eksternal yang fungsinya sama dengan hardisk.

Kesimpulanya bahwa hardware merupakan perangkat komputer yang bisa kita sentuh,Hardware pada komputer di kelompokan berdasarkan tugas dan fungsi masing masing, ada yang sebagai input device, prosese device, storage device, dan output device.

Sekian penjelasan tentang perangkat keras (Hardware). Semoga artikel ini dapat membuat pengetahuan anda tentang teknologi bertambah.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel dengan banyak manfaat Artikel ,
Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.