Fungsi RAM adalah untuk mempercepat kecepatan komputer - ndelet.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi RAM adalah untuk mempercepat kecepatan komputer

Kali ini ndelet.com akam membahas apa itu RAM? Ram adalah singkatan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan information atau instruksi program sementara pada suatu komputer. Information pada RAM bersifat sementara, yang artinya jika komputer atau PC di matikan maka information tersebut yang ada pada RAM juga akan terhapus. Smash biasa juga disebut dengan Memory, karena pada dasarnya memang memori penyimpanan information seperti penjelasan diatas. 

Fungsi RAM adalah untuk mempercepat kecepatan komputer, namun perlu dicatat bahwa RAM bukanlah komponen utama yang dapat mempercepat kinerja komputer atau workstation. Smash mampu membantu compositions kinerja processor untuk mengolah information. Semakin besar ukuran RAM tentu akan semakin baik dalam prosesnya. Ada macam-macam ukuran RAM, diantaranya adalah RAM ukuran: 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan lain sebagainya. Dan ada juga beberapa jenis RAM, mulai dari RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan yang terbaru adalah RAM DDR 5. Menurut pengalaman saya, semakin tinggi jenis RAM maka harganya semakin murah, namun justru performanya semakin baik. 

Namun tak semua komputer dapat mendukung ukuran RAM yang besar. Biasanya pada mainboard suatu komputer membatasi jumlah maksimal RAM yang bisa diterapkan. Tak cuma mainboard, kadang juga ada Sistem Operasi yang membatasi ukuran memori. Jenis RAM play on words sama, jadi misalnya RAM DDR 3 maka hanya bisa dipasangkan oleh mainboard yang mendukung RAM DDR3. Saya pernah salah membeli, dan walhasil harus ditukarkan lagi agar tak sia-sia. :D Dan satu lagi, jumlah space RAM yang bisa dipasangkan pada PC atau komputer play on words berbeda. Ada PC maksimal RAM yang bisa dipasangkan adalah satu opening, namun ada juga yang mendukung hingga tiga space memori. Jadi misalnya ingin jumlah RAM sebesar 8GB, bisa pasang 2 space 4GB.