Jenis dan fungsi PABX yang belum banyak orang mengetahui - ndelet.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan fungsi PABX yang belum banyak orang mengetahui

ndelet.com

Jaman sekarang lagi boomingnya bermacam - macam merk smartphone seperti samsung, xiomi, aple, oppo, lenovo,  tapi untuk perkantoran perlu di ketahui, tapi untuk perkantoran tetap menggunakan telephone dan telephone untuk membaginya ke ruangan ruangan harus ada pembaginya yang di sebut extention dan extention itu di bagi menggunakan perangkat yang namanya PABX. kali ini ndelet.com akan membahas apa itu PABX langsung saja kita lanjutkan.
PABX atau PBX atau Private Automatic Branch Exchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon atau interpon/intercom yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PTT Telkom.
Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah jalur telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah cabang, mulai yang kapasitas satuan, puluhan, ratusan maupun ribuan cabang.
Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX.
PABX/PBX, singkatan dari "Private automatic Branch eXchange", adalah suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extension to extension) dengan eksternal (outgoing dan incoming). Umumnya, PABX digunakan untuk kantor, gedung, rumah tinggal, hotel, dan rumah sakit.
PABX digital
Adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. PABX jenis ini data digital perlu diubah dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merek mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda juga.[butuh rujukan]
PABX analog
Adalah PABX yang mempunyai output analog berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Single Line Telephone (SLT).[butuh rujukan]
PABX Hybrid
Adalah PABX gabungan antara dua sistem di atas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 kabel (2 pasang-1 pasang analog 1 pasang digital) pada setiap keluarannya.
PABX IP (Internet Protocol)
Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP menggunakan port RJ45 untuk sambungannya.