Pengertian kabel fiber optic dan tembaga

Kemarin kita sudah membahas tentang apa itu genset sekarang kita bahas tentang kabel optik.
Karena sekarang telkom lagi gencar gencar nya mengganti kabel optik. Termasuk di kantorku tempat kerja juga di lakukan penggantian kabel optik. Sekarang kita bahas satu persatu apa itu kabel optik dan tembaga.


Fiber optic merupakan salah satu teknologi baru, Kabel serat optic terbuat dari kaca atau plastik yang mentransmisikan sinyal cahaya. Ukurannya pun sangat tipis, hanya sehelai rambut.

Terdapat beberapa bagian diantaranya :
Bagian Inti sebagai tempat merambatnya gelombang cahaya.
Lapisan selimut yang mengelilingi bagian inti dengan indeks bias yang lebih kecil
Lapisan Jake, melindungi bagian inti dan selimut dengan plastik elastis.
Komponen utama terdiri dari transmitter (laser Diode dan Laser Emmiting Diode), channel information berupa serat optik dan receiver.
Secara umum, kabel memiliki fungsi sebagai media transimisi yang berperan untuk mempercepat penyampaian pesan. Setiap kabel memiliki spesialisasi fungsi yang berbeda-beda. Kabel tembaga seringkali digunakan sebagai penghubung ke jaringan telepon dan Ethernet. Kabel koaksial sering kita gunakan pada televisi dan radio. Sedangkan, kabel fiber optik sering kita gunakan sebagai jalinan penghubung bawah laut (underwater lines) merupakan media transmisi antar samudera, qube, dan video pay per view.
Kelebihan Fiber Optic dibanding Kabel Tembaga
Beberapa kelebihan dari kabel serat optik adalah berukuran tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia, dapat mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, mudah untuk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.
Sedangkan beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.

Pada jaringan tembaga sering sekali terdapat gangguan gangguan yang di alami terutama bila membentang di luar ruangan (outdoor) seperti terkena matahari dan air hujan, transmisipun menjadi terganggu.

tetapi bagaimanapun juga kabel tembaga tetap dipakai dan diperlukan oleh pengguna jaringan kabel (kita juga :D) karena kebanyakan kabel Fiber Optic hanya digunakan sebagai kabel utama menuju Modem ONT (Optical Network Transmission) dan seterusnya tetap menggunakan kabel berbahan tembaga.

Demikian artikel tentang kabel optik dan tembaga semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian kabel fiber optic dan tembaga "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

NDELET.COM

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel